Senin, 01 April 2013

OSI Layer, TCP/IP dan Tujuan Command Interpreter

18.44 Posted by Yuni Putri Wulan Sari 1 comment
 
Open System interconnection (OSI) Layer adalah suatu standard yang umum digunakan dalam jaringan . Model OSI Layer menjelaskan jika suatu  informasi bergerak dari satu komputer ke komputer lain melintasi media jaringan.

OSI Layer terdiri dari 7 (lapisan) konseptual. Masing-masing layer adalah suatu bagian yang memiliki tugas berbeda yang lebih kecil dari skema besar. sehingga pekerjaannya lebih jelas dan lebih terarah di setiap bagiannya.
berikut ini adalah pengertian dari masing masing bagiannya

  1. Application
  2. Presentation
  3. Session
  4. Transport
  5. Network
  6. Data Link
  7. Physical


Pembagian ketujuh layer tersebut dilihat dari aliran data saat pengiriman dan penerimaan data.


Secara garis besar, OSI Layer terbagi menjadi dua kategori atau kelompok, yaitu:

    Upper layer
    Lower layer


Upper layer (layer lebih tinggi) merupakan layer OSI yang berhubungan dengan lingkungan aplikasi. Semakin tinggi, layer ini semakin dekat berinteraksi dengan user.

Lower layer (layer lebih rendah)_ merupakan layer OSI yang menangani isu transportasi data. Layer-layer ini lebih dekat ke arah mesin, terutama Physical Layer yang langsung menangani media fisik jaringan, misal kabel, dan bertanggung jawab terhadap penempatan informasi dalam media.

TCP/IP
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
perbedaan osi dan tcp/ip adalah
Tujuan Command Interpreter
1.    supaya pengguna bisa membuat permintaan tanpa menulis program
2.  Biasa terpisah karena Konsep mesin virtual menyediakan proteksi yang lengkap untuk sumberdaya sistem, dikarenakan tiap mesin virtual terpisah dari mesin virtual yang lain.

source:  http://azuharu.net/jaringan/pengertian-dan-fungsi-open-systems-interconnect-layer-osi/, http://satriaskyterror.wordpress.com/2012/03/04/pengenalan-7-lapis-osi-layer/, http://emmospot.wordpress.com/about-panic-at-the-disco/pengertian-osi-dan-lapisannya/, http://blog.unsri.ac.id/aanseptiadi/sistem-operasi/kernel-interrupt-tcpip/mrdetail/26655/, http://0ch4.wordpress.com/pengertian-tcpip/

1 komentar: