Selasa, 13 Maret 2012

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan

07.01 Posted by Yuni Putri Wulan Sari No comments
hello to the world, into my world!!

sekarang saatnya membahas tentang Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan nih sekarang bahas dulu nih satu satu, nih kita mulai dari Ilmu Budaya Dasar itu sendiri. jadi, ilmu budaya dasar itu ilmu yang diharepin banget nih buat  ngasih pengetahuan dasar sama umum soal   konsep konsep buat mengclear masalah manusia dan juga kebudayaan. Suatu karya bisa aja menonjolkan lebih dari satu masalah aja nih, jadinya ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, apalagi ilmu filsafat  yang ada di pengetahuan budaya, tapi ilmu budaya dasar menggunakan karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk  dikaji lebih dalem lagi sob.

Pengetahuan budaya ngebahas soal nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya. Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat.

Karya sastra adalah penjelasan yang abstrak,namun filsafat yang menggunakan bahasa juga bisa sih disebut abstrak. Maka abstrak adalah cinta kasih,kebahagian,kebebasan dan lainnya yang digarap oleh filsafat. Dalam kesusastraan IBD dapat dihubungkan …
meliputi: Bahasa, agama,kesenian dll.

ngikutin pembagian ilmu pengetahuan kayak diatas maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan menjadi usaha pendidikan. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat dibutuhkan unttuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial, contohnya: Keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial yang beragam ragam.

nah sekian deh tuh sebuah penjelasan singkat tentang Konsepsi Ilmu Budaya dalam Kesusastraan

0 komentar:

Posting Komentar