Rabu, 07 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

04.41 Posted by Yuni Putri Wulan Sari No comments
Saat ini saya akan membahas tentang "Manusia dan Kebudayaan" namun ada baiknya saya mengartikan dari masing masing kata yakni "Manusia" dan "Kebudayaan" yeah let's begin


Manusia, manusia dalam arti singkat dapat diartikan sebagai kumpulan dari berbagai sistem fisik yang bergabung menjadi satu kesatuan yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Manusia juga memiliki 4 unsur dalam dirinya a. Jasad; yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba, dan difoto, dan menempati ruang dan waktu. b. Hayat; yaitu mengandung unsure hidup, yang ditandai dengan gerak c. Ruh; yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersift konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan. d. Nafs; dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentan diri sendiri.


Sekarang kita mulai membahas tentang Kebudayaan, kebudayaan berasal dari kata budaya yang menurut wikipedia berarti adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas,pakaian, dan bangunan, dan karyaseni.bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.


Jadi manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang begitu erat, manusia sebagai makhluk sosial melakukan komunikasi dengan masyarakat lainnya sehingga terjadi suatu kesamaan bahasa, kebiasaan dan juga karya seni yang membuat suatu budaya di suatu wilayah tertentu. sebagai contoh, di lain tempat memiliki budaya yang yang berbeda seperti orang minangkabau dan orang jawa, di minangkabau pihak wanitalah yang melamar, namun di pihak jawa pihak pria lah yang melamar, dan masih banyak lagi kebudayaan yang berbeda, contohnya lagi dengan budaya di desa dan di kota, kebudayaan orang timur dan orang barat.



0 komentar:

Posting Komentar