Senin, 26 November 2012

KKN dan Cara Pemberantasannya

07.35 Posted by Yuni Putri Wulan Sari , , No comments
KKN atau Korupsi Kolusi dan Nepotisme sudah menjadi topik yang hangat di Indonesia sejak dahulu kala, namun hanya menjadi sekedar topik tanpa adanya gagasan untuk memberantasnya, namun di akhir pemerintahan megawati dan di teruskan oleh Susilo Bambang Yudhoyono di buatlah lembaga yang di sebut KPK yang memiliki arti Komisi Pemberantasan Korupsi. Tapi lembaga ini hanya berjaya pada beberapa saat saja, setelah itu datang masalah kepada sang ketua KPK sehingga KPK kehilangan sosok ketua dan akhirnya koruptor dapat meraja lela lagi. Sekarang saya mencoba menelaah mengapa koruptor meraja lela saat ini. Sekarang para petinggi negri juga mendapatkan jabatan dengan tujuan memperkaya diri sendiri tanpa memikirkan banyak pihak yang menjadi tanggung jawabnya sehingga si pejabat tersebut melakukan segala hal agar jabatan tersebut didapatkannya, seperti bererilaku curang. Istilahnya mereka telah mengeluarkan modal besar untuk jabatannya tersebut, maka dari itu setelah jabatan si pejabat itu akan berfikir untuk istilahnya “membalik modal” atas apa yang telah ia keluarkan saat sebelum ia menjabat, ya karena dari awal niatnya adalah memperkaya diri sendiri, bukan mensejahterakan rakyat, sunuh ironis memang namun begitulah sepertinya tujuan dari seorang calon petinggi. Namun ada juga yang memiliki tujuan yang tulus.

Mungkin ini penyebabnya dari pemilih dalam pemilu, orang orang memilih calon yang telah memberikan ia uang, sedangkan biasanya yang memberikan uang pada saat akan di selenggarakannya pemilu itu tidak memiliki tujuan yang tulus, contohnya juga ada saat terjadi bencana, lihat saat terjadi setelah terjadinya pemilu dan sebelum, pasti lebih banyak yang membatu saat akan diselenggarakannya pemilu untung menggembar gemborkan jika mereka itu peduli terhadap rakyatnya, padalah ada unsur lain dibalik itu saya rasa.

    Cara mendanggulanginya menurut saya dengan memberikan pelajaran moral kepada generasi yang akan datang tentang buruknya tindakan KKN itu, dan buatlah generasi mendatang membenci KKN agar saat dewasa ia tidak mau melakukan tindakan itu. Saat ini juga sudah ada yang namanya kantin kejujuran, menurut saya itu juga dapat melatih generasi mendatang untuk berperilaku jujur dimasa yang akan datang. Untuk generasi yang sudah menjabat sekarang ini diharapkan juga mendapatkan pendidikan moral, dan juga menindak lanjuti tersangka koruptor seadil mungkin agar jera dan kepada pejabat yang akan melakukan tindakan tersebut takut dan tidak mau melakukannya lagi.

(source: tugas pkn kelas 1)

0 komentar:

Posting Komentar